Resep Awet Muda dengan Jintan Hitam

Jika ingin awet muda tak harus selalu dengan teknologi teranyar yang memberikan hasil instan. Ketika seseorang ingin awet muda, maka yang perlu dicegah adalah silent inflammation yaitu keluarnya re-aktif protein dicegah. Seseorang menjadi tua karena tubuhnya meradang sedikit setiap hari sehingga keluar radikal bebas. Keluarnya radikal bebas ini dicegah dengan bahan yang mengandung antioksidan yang kuat. Bagi yang menyukai bahan-bahan alami, maka Anda bisa melakukan perawatan wajah dengan bahan-bahan alami seperti jintan hitam selain perawatan dengan cream sari.

Jintan hitam (Nigela Sativa) sudah dikenal memiliki kemampuan sebagai Sun Protector Factor (SPF). Dengan demikian jintan hitam dapat digunakan untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Penggunaan jintan hitam adalah dengan cara diminum dan dioleskan pada kulit sebagai bahan tabir surya. Jintan hitam memiliki bahan aktif thamoquinon yang merupakan zat metabolik primer yang memiliki efek anti peradangan yang kuat sehingga cocok digunakan oleh mereka yang jenis kulitnya sensitif dan mudah kemerahan.

Jintan hitam juga mengandung thimohidroquinon yang struktur kimianya mirip hidroquinon yang dipercaya memiliki efek yang sama yakni dapat mencegah kulit menjadi hitam karena cara kerjanya menghambat proses pembentukan melanogenesis. Jadi jika minyak jintan hitam dioleskan pada kulit, maka bisa menaburkan sinar ultraviolet sebagai SPF, mencegah peradangan serta mencegah kulit wajah maupun kulit seluruh tubuh menjadi hitam. Selain itu juga dapat mengatasi jamur di kulit karena kandungan lainnya adalah anti jamur.

Di Indonesia, ekstrak dari jintan hitam ini berbentuk minyak maupun kapsul jintan hitam. Namun, jika ekstrak jintan hitam langsung dioleskan pada kulit maka baunya akan sangat menyengat. Karena itu, ekstrak minyak jintan hitam bisa diencerkan saat digunakan misalnya menggunakan tepung beras dengan perbandingan 1:10. Selanjutnya diberi air. Campuran tersebut dapat dijadikan masket atau lulur sesudah massage.

Untuk mendapatkan manfaat awet muda, sebaiknya jintan hitam tidak hanya digunakan dengan cara dioleskan pada kulit tetapi juga diminum. Diminum dalam bentuk kapsul, serbuk maupun minyaknya secara rutin. Diminum tiga kali sehari saat perut kosong atau sebelum makan. Sebaiknya diimbangi juga dengan banyak minum air putih. Hasil dari konsumsi maupun pengolesan jintan hitam akan terlihat setelah enam minggu perawatan yaitu tubuh menjadi lebih sehat dan kulit terlihat lebih muda.

This entry was posted on October 7, 2015. Bookmark the permalink.