Mengatasi Noda Hitam Bekas Jerawat dengan Kencur

Bagi wanita kulit halus dan bersih tanpa jerawat dan bekas jerawat menjadi dambaan karena membuat penampilan terlihat lebih cantik. Namun terkadang, pola makan, pola tidur, polusi, efek hormonal, alergi dan berbagai penyebab lainnya membuat kulit wajah berjerawat. Jerawat ini kemudian meninggalkan bekas berupa bintik ataupun noda hitam. Untuk menghilangkan bekas jerawat, biasanya digunakan krim-krim wajah seperti krim sari yang sudah terbukti khasiatnya. Selain itu, penggunaan bahan-bahan alami secara tradisional juga bisa menjadi pilihan. Salah satunya adalah dengan menggunakan kencur.

Tak banyak yang tahu jika bumbu dapur kencur ternyata ampuh mengatasi jerawat dan bekasnya. Kencur terkenal sebagai jamu sebagai minuman penyegar dan penambah nafsu makan. Kencur mengandung beberapa bahan yang baik untuk kecantikan, di antaranya pati, mineral, minyak atsiri berupa sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamphene, paraemarin, asam anisat, alkaloid dan gom.

Zat-zat di dalam kencur tersebut dapat mencegah jerawat, serta dapat menghilangkan jerawat, menghilangkan noda hitam bekas jerawat dan menghaluskan kulit. Untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat, kencur digunakan sebagai pengobatan dari dalam dan luar. Dari dalam, kencur dibuat minuman lalu dikonsumsi, sementara pengobatan dari luar dijadikan masker.

Cara membuat minumannya: 1 ruas jari kencur, 1 ruas jari temulawak dan 5 butir jintan dihaluskan. Sesudah itu, ditaruh di gelas, seduh dengan air panas, lalu disaring. Kemudian masukkan gula jawa dan asam jawa yang sudah dicairkan lalu diaduk rata. Sesudah itu, masukkan beberapa tetes perasan jeruk nipis. Diminum pada pagi hari.

Cara membuat maskernya: bersihkan kencur lalu kupas kulit kencur dan dihaluskan. Selanjutnya dioleskan pada kulit wajah yang sudah terlebih dulu dibersihkan. Setelah wajah bersih, tempelkan kencur pada wajah yang berjerawat atau ada noda bekas jereawatnya. Sesudah itu diamkan selama 30 menit atau tunggu hingga masker kencur kering. Lalu bersihkan wajah dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin.

Karena kencur tidak memiliki efek samping jika digunakan secara tepat, maka konsumsi air kencur bisa dilakukan setiap pagi hingga benar-benar jerawat dan noda bekas jerawatnya hilang. Karena biasanya jerawat timbul menjelang menstruasi, maka kencur juga bisa dikonsumsi 1 hari sebelum dan sesudah menstruasi. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya dikombinasikan dengan penggunaan masker yang ditempelkan pada jerawat dan bekas jerawat. Masker kencur dapat digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

This entry was posted on August 18, 2015. Bookmark the permalink.