Kerutan Sekitar Mata Hilang dengan Paprika

Kesibukan bekerja dan sering menggunakan make-up tanpa pembersihan yang tepat, membuat kulit di sekitar mata seringkali berkerut. Kulit di sekitar mata lebih mudah berkerut, terutama jika usia di atas 30 tahun. Lapisan kulit di sekitar mata lebih tipis dibandingkan dengan kulit lainnya. Selain itu, kulit di sekitar mata memiliki kelenjar minyak yang sedikit sehingga mudah kering dan selanjutnya timbul keriput. Pembuluh darah di sekitar mata juga sedikit. Jika kulit di sekitar mata kurang elastis dan lapisan lemaknya sedikit. Jika kulit di sekitar mata kurang dirawat maka akan membuat kulit semakin mudah keriput. Keriput terjadi karena berkurangnya lapisan epidermis pada kulit sehingga lapisan dalam atau dermis menjadi berkurang. Lapisan dermis mengandung kolagen yang berfungsi untuk menjaga kekencangan kulit wajah.

Buah paprika yang berwarna cerah seperti merah, kuning dan hijau, ternyata bisa mengatasi keriput di kulit daerah mata dari dalam. Baik paprika merah, kuning atau hijau sama-sama memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Dalam satu buah paprika mengandung beta karoten, vitamin B dan C. Dalam 100 gram buah paprika mengandung 0,9 gr protein, 0,3 gr lemak, 4,4 gr karbohidrat, 7 mg kalsium, 0,4 mg Fe, 22 mg fosfor, 540 IU Vitamin A, 22 mg vitamin B1, 0,02 mg Vitamin B2, 0,4mg niasin dan 160 mg Vitamin C. Paprika juga mengandung asam askorbat yang nilai gizinya dalam setiap 100gr terdapat 29 mg kalori, 11 mg kalium, 870 IU Vitamin, 0,03 mg riboflafin dan 0,05 mg niasin. Kandungan Vitamin C yang pada paprika 9 kali lebih banyak dari buah tomat karena itulah mampu membantu mengatasi keriput pada wajah terutama menghilangkan keriput pada bagian mata.

Paprika juga mampu menjadi tabir surya alami karena mengandung beberapa jenis yang merupakan komponen antioksidan sangat baik untuk kulit. Tanaman paprika memproduksi antioksidan dalam jaringan untuk melindungi sel-sel yang mengalami kerusakan akibat panas, cahaya, udara dan kelembaban udara. Selain itu, paprika berwana merah, kuning atau oranye memiliki kandungan pigmen alami yang disebut karatenoid. Karatenoid yang merupakan antioksidan ini akan berubah menjadi Vitamin A di dalam tubuh serta mampu melindungi sel kulit dengan menghambat kerusakan pada lapisan pada lapisan lemak di sekitar sel kulit. Karatenoid memiliki manfaat untuk mencegah keriput dan jerawat pada wajah.

Selain melindungi kulit paprika juga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Vitamin A, E dan K yang terkandung dalam paprika bermanfaat terutama untuk menjaga kesehatan pembuluh darah vena dan pembuluh darah kapiler. Antioksidan yang tinggi dalam paprika mampu menjaga sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Tak hanya itu, paprika dikenal sebagai bahan antibakteri dan stimulan yang dapat menormalkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi serta meningkatkan produksi air liur dan asam untuk membantu pencernaan. Buah paprika memiliki kandungan minyak esensial yang tinggi seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan zat besi. Mineral tersebut sangat penting untuk kesehatan yaitu untuk membersihkan darah dan untuk kesehatan jantung.

Untuk mendapatkan khasiat dari paprika, anda bisa menyantap paprika yang sudah diolah menjadi sayuran seperti tumis dengan paprika, daging masak paprika, ayam paprika, jus paprika dan lain-lain. Olahan paprika ini bisa dikonsumsi tiap hari, namun sebaiknya juga diimbangi dengan asupan makanan lain agar kebutuhan gizi tercukupi. Di samping itu, untuk melengkapi perawatan kulit wajah gunakanlah cream sari secara teratur agar mendapatkan hasil yang optimal.

This entry was posted on December 30, 2016. Bookmark the permalink.