Awet Muda dengan Jus Antioksidan

Senyawa antioksidan memiliki peran yang besar dalam kesehatan dan kecantikan seseorang. Antioksidan juga berperan dalam membuat seseorang terlihat awet muda. Apa sebetulnya antioksidan? Antioksidan adalah senyawa atau zat yang dapat menghambat, menunda, mencegah dan memperlambat reaksi oksidasi meski konsentrasinya sedikit. Antioksidan bermanfaat karena dapat menetralisir radikal bebas yang sangat berbahaya. Zat ini dapat ditemui dalam berbagai jenis bahan makanan (alami) maupun hasil sintesis reaksi kimia.

Antioksidan alami adalah yang diperoleh secara alami yang sudah ada di bahan pangan, baik yang terbentuk dari reaksi-reaksi selama proses pengolahan maupun yang diisolasi dari sumber alami yang tidak dapat dimakan dan digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Antioksidan alami diantaranya adalah vitamin A, C, E, polifenol, glutation, asam elleagic dan lain-lain.

Pada saat mencapai usia tertentu, maka regenerasi sel-sel dan metabolisme tubuh akan melambat. Akibatnya, mulai timbul kerutan terutama di kulit wajah. Kulit juga akan menjadi kusam dan timbul flek berwarna gelap. Otot-otot juga mengendur, kesehatan menurun serta terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Konsumsi antioksidan juga bisa memperlambat proses penuaan. Selain itu pemakaian cream perawatan wajah seperti Cream Sari akan membantu wajah terlihat tetap segar dan awet muda. Antioksidan banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran yang akan mengganti sel-sel yang rusak , sehingga metabolisme tubuh tetap berjalan normal.

Semua sel-sel di dalam tubuh merupakan sel-sel yang berpasangan. Dalam proses metabolisme, baik yang alami seperti stres atau kerja maupun yang tidak alami seperti polusi, rokok, makanan berlemak dan tidak berolahraga, maka ada sel yang rusak sehinggal sel kehilangan pasangannya. Sel-sel yang kehilangan pasangannya ini yang dikenal sebagai sel radikal bebas yang akan merusak sel-sel sehat di sekitarnya bahkan bisa berkembang menjadi sel tumor maupun kanker. Antioksidan yang cukup membuat tubuh lebih bugar, tidak mudah terserang penyakit, menjaga kestabilan berat badan dan mencegah berkembangnya kanker.

Buah-buahan kaya antioksidan. Untuk mendapatkan kandungan antioksidan, selain dimakan segar, buah-buahan bisa dijadikan jus. Minum jus antioksidan dari buah-buahan, yang terkadang dikombinasikan dengan sayur-sayuran bisa membuat seseorang tampak awet muda, yaitu dengan kulit yang kencang, tanpa kerutan, cerah tanpa flek hitam dan segar.

Buah-buahan yang kaya antioksidan adalah yang berwarna merah, jingga dan ungu mendekati kehitaman, diantaranya adalah tomat, apel merah, anggur merah dan anggur ungu, strawberry, blackberry, cherry dan plum.

This entry was posted on November 21, 2017. Bookmark the permalink.