Alpukat Jadikan Kulit Halus dan Kenyal

Alpukat merupakan buah-buahan populer yang mengandung khasiat alami dan istimewa karena mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dibandingkan buah-buahan lainnya. Kandungan lemak dalam buah alpukat dapat memberikan energi yang cukup ketika dikonsumsi. Jenis lemak yang terdapat dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal. Lemak tersebut merupakan asam oleat tunggal yang bersifat antioksidan kuat, yang mudah dicerna dan berguna bagi tubuh. Buah ini juga menyediakan energi yang cukup tinggi dan setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Selain itu, alpukat juga kaya protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), vitamin C juga mengandung vitamin E sebesar 3,4 mg per 100gr.

Potasium merupakan unsur mineral penting. Mineral ini mampu meremajakan kulit dan membantu menjaga kulit agar sehat dan bersinar. Kandungan mineral lainnya di dalam alpukat adalah zinc, natrium, magnesium, tembaga, zat besi dan kalsium. Vitamin E merupakan vitamin yang berguna bagi kulit yaitu dapat menghaluskan dan melembabkan kulit. Vitamin E dalam buah alpukat berupa asam lemak dan minyak alpukat yang merupakan sumber kolagen. Asam lemak dapat membersihkan kulit dari dalam dari kotoran-kotoran dan membuat kulit bersinar. Sementara minyaknya mampu melembabkan kulit, terutama kulit yang sudah mengalami penuaan seperti keriput, juga berfungsi memberikan nutrisi untuk lapisan kulit yang bekerja untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, sekaligus melancarkan sirkulasi darah pada kulit. Kolagen di dalamnya dapat menjaga elastisitas kulit, memperbaiki kerusakan kulit dan mengurangi keriput.

Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Kandungan vitamin A dapat meregulasi produksi sebum serta meningkatkan kelembaban kulit. Kombinasi vitamin E dan A sangat berguna dalam perawatan kulit karena merupakan serum yang memberikan efek mengenyalkan kulit wajah, melembutkan kulit, mengatasi kerutan serta membuat kulit terlihat muda, segar, cerah, bercahaya dan merona secara alami. Kandungan lain yang tidak kalah pentingnya adalah glutathione (GSH) yang merupakan ibu dari segala jenis antioksidan. Sel-sel di dalam tubuh sangat membutuhkan kinerja master antioksidan ini. Manfaat dari glutathione adlaah sebagai anti-aging dengan cara meningkatkan kandungan kolagen di dalam tubuh terutama pada kulit. Dengan demikian dapat mengurangi timbulnya kerutan pada wajah dan bagian tubuh lainnya.

Selain dikonsumsi, buah alpukat juga bisa dijadikan masker wajah. Biasanya satu buah alpukat dibelah, lalu separuhnya atau seperempatnya dihaluskan hingga berbentuk pasta creamy. Lalu campurkan dengan 1 sdm madu. Madu bersifat humektan, sehingga mampu menjaga kelembaban kulit. Madu mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan sehingga dapat mencegah penuaan dini serta bersifat antitirosinase yang dapat mencegah timbulnya flek hitam pada kulit. Pemakaian masker alami seperti ini dengan dibarengi pemakaian Cream Sari niscaya akan memberikan hasil maksimal pada kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

This entry was posted on April 7, 2017. Bookmark the permalink.