Alergi Kulit Akibat Sering Ganti Kosmetik

Setiap wanita ingin tampil cantik dengan pulasan kosmetik atau make up yang menarik. Namun, seringnya berganti kosmetik bisa membuat kulit menjadi alergi, terlebih pada seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif. Anggapan bahwa seringnya berganti kosmetik akan membuat kulit menjadi rusak memang benar.

Hal ini disebabkan karena kulit secara terus menerus dipaksa untuk menyesuaikan dengan kandungan bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik tanpa adanya jeda. Kulit menjadi tidak ternetralisir dan beristirahat dari pengaruh kosmetik yang sebelumnya digunakan. Kulit menjadi jenuh dan kulit lama-lama akan menjadi kebal, sehingga akan lama untuk memperbaiki kondisi kulit dengan produk lain.

Kosmetik yang sering menyebabkan alergi atau tidak cocok terhadap kulit adalah jenis kosmetik seperti krim, sunblock, foundation dan bedak. Komposisi yang terdapat pada foundation dan krim lebih berat dibandingkan kosmetik lainnya seperti lipstik atau blush on.

Seringnya berganti kosmetik jenis ini akan menyebabkan kulit menjadi alergi dan berjerawat. Disebabkan pemakaian kosmetik yang tidak dibersihkan dengan baik lalu berganti kosmetik lain dengan bahan yang berbeda akan membuat kosmetik menumpuk pada kulit dan menyumbat pori-pori. Akibatnya, timbul jerawat dan alergi.

Penting untuk memahami jenis atau karakter kulit wajah kita. Apabila terjadi reaksi yang timbul akibat pergantian kosmetik seperti gatal, kemerahan, jerawat, dan lain-lain. Reaksi ini bisa bersifat sementara atau permanen tergantung dari tiap individu. Dengan mengenali kulit kita, kita dapat mengambil tindakan apakah tetap meneruskan atau menghentikan pemakaian produk atau bahkan berkonsultasi dengan dokter apabila reaksi yang ditimbulkan cukup parah.

Jika ingin berganti kosmetik, sebaiknya ketahui dahulu produk yang akan dibeli. Pilih kosmetik yang memiliki ijin dari BPOM, seperti halnya Cream Sari. Selain itu pastikan pula produk yang dibeli asli karena produk yang populer biasanya banyak dipalsukan. Kemudian pada saat ingin digunakan, sebaiknya oleskan produk pada kulit di bagian belakang daun telinga atau pada tangan terlebih dulu, untuk mengetahui apakah kosmetik tersebut cocok dengan kulit. Sebelum digunakan pada wajah, lebih baik netralkan wajah selama 3-7 hari dari pemakaian kosmetik lainnya, cukup gunakan produk pembersih wajah.

This entry was posted on September 2, 2015. Bookmark the permalink.